Rabu, 15 Desember 2010

Prestasi Belajar

PRESTASI BELAJAR

Proses pembelajaran adalah interaksi antara siswa dan guru dengan lingkungan belajar sedemikian rupa untuk mencapai tujuan pengajaran yaitu kemampuan yang diharapkan dimiliki siswa setelah berlangsungnya proses pembelajaran.

Dalam kaitannya dengan belajar di sekolah, prestasi belajar merupakan hasil yang diperoleh siswa atas usahanya dalam kegiatan pembelajaran di sekolah. Mengenai prestasi belajar, Syaiful Bahri Djamarah (1994:19) mengartikan “prestasi belajar adalah suatu gambaran dan penguasaan kemampuan para peserta didik sebagaimana yang telah ditetapkan oleh suatu pelajaran tertentu”.

Nasrun Harahap (dalam Saiful Bahri, 1994: 21) memberikan batasan bahwa “prestasi belajar adalah penilaian pendidikan tentang perkembangan dan kemajuan murid yang berkenaan dengan pengausaan bahan pelajaran yang disajikan kepada mereka serta nilai-nilai yang terdapat dalam kurikulum”.

Dalam kamus Besar Bahasa Indonesia (1997: 787) “Prestasi belajar adalah penguasaan pengetahuan atau keterampilan yang dikembangkan oleh mata pelajaran, lazimnya ditunjukkan dengan nilai tes atau angka nilai yang diberikan oleh guru”.

Secara umum prestasi belajar merupakan indikator penguasaan siswa atas kompetensi yang dimilikinya. Dalam hal ini berarti prestasi siswa akan terlihat setelah diadakan uji atau tes belajar atas materi yang telah diajarkan seperti yang dinyatakan oleh Muhammad Surya (1979: 174) yang mengartikan prestasi belajar sebagai berikut “Prestasi belajar adalah seluruh kecakapan hasil pencapaian (achievenent) yang diperoleh melalui proses belajar di sekolah, yang dinyatakan dengan nilai-nilai dan prestasi belajar berdasarkan hasil tes prestasi belajar”.

Muhibbin Syah (2002:141) menjelaskan pengertian prestasi belajar sebagai berikut “prestasi belajar merupakan hasil interaksi dan sebagian faktor yang mempengaruhi proses belajar secara keseluruhan”.

Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar merupakan hasil dari seseorang setelah mengikuti kegiatan belajar. Prestasi belajar dapat dilihat dari keberhasilan siswa dalam mencapai tujuan yang telah ditentukan.

Pada prinsipnya, pengungkapan hasil belajar ideal meliputi segenap ranah psikologis yang berubah sebagai akibat pengalaman dan proses belajar siswa. Kunci pokok untuk memperoleh ukuran dan data hasil belajar siswa adalah mengetahui garis-garis besar indikator dikaitkan dengan jenis prestasi yang hendap diungkapkan atau diukur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar